Jumat, 04 Januari 2013

Sejarah New Mexico

Penduduk pertama yang diketahui New Mexico adalah anggota dari budaya Clovis dari Paleo-Indian penduduk Kemudian termasuk Indian Amerika dari Mogollon dan Leluhur Pueblo masyarakat budaya. Pada saat kontak di Eropa abad ke-16, wilayah ini dihuni oleh desa-desa dari masyarakat Pueblo dan kelompok Navajo, Apache dan Ute.

Francisco Vázquez de Coronado dirakit sebuah ekspedisi besar di Compostela di 1540-1542 untuk mengeksplorasi dan menemukan Tujuh Kota mistis Golden Cibola seperti yang dijelaskan oleh Fray Marcos de Niza. Nama Nuevo México pertama kali digunakan oleh seorang pencari tambang emas bernama Francisco de Ibarra yang dieksplorasi jauh di utara Meksiko pada tahun 1563 dan melaporkan temuannya sebagai dalam "New Mexico". Juan de Onate resmi mengukuhkan namanya ketika ia diangkat gubernur pertama dari baru Provinsi New Meksiko pada 1598.  Pada tahun yang sama ia mendirikan San Juan de los Caballeros koloni, pemukiman Eropa pertama permanen di negara masa depan New Mexico, di Rio Grande dekat Ohkay Owingeh Pueblo Onate diperpanjang El Camino Real de Tierra Adentro, "Royal Road Dalam Negeri," dengan 700 mil (1.100 km) dari Santa Bárbara, Chihuahua ke koloni remote nya.

Penyelesaian Santa Fe didirikan di kaki Pegunungan de Sangre Cristo, yang subrange selatan Pegunungan Rocky, sekitar 1.608. Kota, bersama dengan sebagian besar wilayah negara diselesaikan, ditinggalkan oleh Spanyol yang selama 12 tahun (1680-1692) sebagai akibat dari Pemberontakan Pueblo sukses. Setelah kematian Pueblo pemimpin paus, Diego de Vargas dikembalikan ke daerah kekuasaan Spanyol.  Saat mengembangkan Santa Fe sebagai pusat perdagangan, para pemukim kembali didirikan di Albuquerque 1706 dari masyarakat sekitar yang ada, penamaan itu untuk raja muda dari New Spanyol, Francisco Fernández de la Cueva, Duke of 10 Alburquerque.

Sebagai bagian dari New Spanyol, klaim untuk provinsi New Mexico diberikan kepada independen Meksiko pada 1821 setelah Perang Kemerdekaan Meksiko. Republik Texas mengklaim timur bagian dari Grande Rio ketika memisahkan diri dari Meksiko pada tahun 1836. Texas dipisahkan dari New Mexico oleh Comancheria dan satu-satunya usaha untuk membangun kehadiran atau kontrol di wilayah diklaim adalah Texas gagal Santa Fe Expedition. Bagian timur laut ekstrim dari New Mexico pada awalnya diperintah oleh Perancis, dan dijual ke Amerika Serikat sebagai bagian dari Louisiana Purchase pada tahun 1803. Pada 1800 penduduk Spanyol telah mencapai 25.000,. Tapi Apache dan Comanche penggerebekan di pemukim Hispanik yang umum hingga memasuki masa pendudukan AS.

Setelah Perang Meksiko-Amerika, dari 1846-1848 dan Perjanjian Guadalupe Hidalgo pada tahun 1848, Meksiko menyerahkan kepemilikan sebagian besar gelisah wilayah utara, yang sekarang dikenal sebagai Southwest Amerika dan California, ke Amerika Serikat. Dalam Kompromi tahun 1850 Texas menyerahkan klaim ke daerah berbohong timur dari Rio Grande dalam pertukaran untuk sepuluh juta dolar  dan pemerintah AS mendirikan Wilayah New Mexico pada tanggal 9 September 1850, termasuk sebagian besar masa kini negara bagian Arizona dan New Mexico, dan bagian dari Colorado. Amerika Serikat memperoleh tumit boot barat daya negara bagian dan selatan Arizona bawah sungai Gila di Pembelian Gadsden sebagian besar gurun 1853, yang berhubungan dengan pekerjaan oleh AS kereta api lintas benua.

New Mexico memainkan peran dalam Trans-Mississippi Theater dari Perang Saudara Amerika. Kedua Konfederasi dan Uni pemerintah mengklaim hak kepemilikan dan teritorial atas Wilayah New Mexico. Pada tahun 1861 Konfederasi mengklaim saluran selatan sebagai wilayah negaranya sendiri Arizona dan melancarkan Kampanye New Mexico ambisius dalam upaya untuk mengontrol Southwest Amerika dan membuka akses ke Union California. Kekuatan Konfederasi di Wilayah New Mexico secara efektif rusak setelah Pertempuran Pass Glorieta tahun 1862. Namun, pemerintah wilayah Konfederasi terus beroperasi dari Texas, dan pasukan Konfederasi berbaris di bawah bendera Arizona sampai akhir perang. Selain itu, lebih dari 8.000 pasukan dari Wilayah New Mexico menjabat Uni.

Kongres mengaku New Mexico sebagai negara ke-47 di Uni pada tanggal 6 Januari 1912.

Selama Perang Dunia II, bom atom pertama yang dirancang dan diproduksi di Los Alamos dan yang pertama diuji di situs Trinity di gurun di White Sands Proving Grounds antara Socorro dan Alamogordo.

New Mexico telah mendapatkan manfaat dari pengeluaran pemerintah federal. Ini adalah rumah bagi tiga basis Angkatan Udara, Putih Rentang Sands Missile, dan riset federal laboratorium Los Alamos National Laboratory dan Sandia National Laboratories. Populasi negara tumbuh pesat setelah Perang Dunia II, pergi dari 531.818 pada 1940 untuk 1.819.046 pada tahun 2000. Pertumbuhan Pekerjaan di New Mexico termasuk mikroelektronika, call center, dan kasino India.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar