Jumat, 04 Januari 2013

Negara Bagian New Mexico

New Mexico adalah sebuah negara yang terletak di wilayah barat daya dan barat dari Amerika Serikat. New Mexico juga biasanya dianggap salah satu Negara Gunung. New Mexico adalah yang paling 5th luas, 36 yang paling padat penduduknya, dan paling padat penduduknya 6 dari 50 Amerika Serikat.

Dihuni oleh masyarakat adat di Amerika selama berabad-abad, New Mexico juga telah menjadi bagian dari Sub Kerajaan Spanyol Kekaisaran New Spanyol, bagian dari Meksiko, dan wilayah AS. Di antara negara bagian AS, New Mexico memiliki persentase tertinggi Hispanik, termasuk keturunan koloni Spanyol dan imigran baru dari Amerika Latin. Ini juga memiliki persentase tertinggi kedua dari penduduk asli benua Amerika, setelah Alaska, dan jumlah tertinggi keempat total masyarakat adat dari Amerika setelah California, Oklahoma, dan Arizona. Suku di negara bagian terdiri dari sebagian besar Navajo dan Pueblo masyarakat. Akibatnya, demografi dan budaya dari negara yang unik untuk pengaruh kuat mereka Hispanik dan penduduk asli-Amerika. Bendera New Mexico diwakili oleh warna merah dan emas, yang mewakili Spanyol, serta simbol Zia, sebuah simbol kuno untuk matahari bahwa suku Pueblo terkait.

Total luas negara adalah 121.412 mil persegi (314.460 km2). Batas timur New Mexico terletak di sepanjang 103 ° W bujur dengan negara bagian Oklahoma, dan tiga mil (5 km) barat dari 103 ° W bujur dengan Texas. Di perbatasan selatan, Texas membentuk dua pertiga bagian timur, sedangkan negara bagian Meksiko Chihuahua dan Sonora membuat ketiga Barat, dengan Chihuahua membuat naik sekitar 90% dari itu. Perbatasan barat dengan Arizona berjalan sepanjang 109 ° 03 'bujur W. Sudut barat daya negara ini dikenal sebagai Bootheel tersebut. The ° 37 N lintang paralel membentuk batas utara dengan Colorado. Menyatakan New Mexico, Colorado, Arizona, dan Utah berkumpul di Four Corners di sudut barat laut New Mexico. New Mexico, meskipun negara besar, memiliki sedikit air. Luas permukaan airnya sekitar 250 mil persegi (650 km2).

Rentang lanskap New Meksiko dari luas, berwarna merah mawar gurun untuk mesas rusak ke tinggi, tertutup salju puncak. Meskipun gambar gersang New Meksiko, wildernesses pegunungan berhutan berat menutupi sebagian besar negara, terutama ke arah utara. The Sangre de Cristo Mountains, bagian selatan Pegunungan Rocky, berjalan sekitar utara-selatan sepanjang sisi timur Rio Grande di utara, kasar pastoral. Yang paling penting dari sungai New Mexico adalah Grande Rio, Pecos, Kanada, San Juan, dan Gila. Rio Grande terikat untuk sungai terpanjang keempat di AS.

Pemerintah AS melindungi jutaan hektar New Mexico sebagai hutan nasional termasuk:

    Carson National Forest
    Cibola National Forest (bermarkas di Albuquerque)
    Lincoln National Forest
    Santa Fe National Forest (berkantor pusat di Santa Fe)
    Gila National Forest
    Gila Wilderness

Kawasan yang dikelola oleh National Park Service termasuk:

    Aztec Ruins National Monument di Aztec
    Bandelier Monumen Nasional di Los Alamos
    Capulin Volcano National Monument dekat Capulin
    Carlsbad Caverns National Park dekat Carlsbad
    Chaco Culture National Historical Park di Nageezi
    El Camino Real de Tierra Adentro National Historic Trail
    El Malpais National Monument di Grants
    El Morro National Monument di Rama
    Fort Union National Monument di Watrous
    Gila Cliff Dwellings National Monument dekat Silver City
    Spanyol berusia National Historic Trail
    Pecos National Historical Park di Pecos
    Petroglyph National Monument dekat Albuquerque
    Salinas Pueblo Missions National Monument di Mountainair
    Santa Fe National Historic Trail
    White Sands National Monument dekat Alamogordo

Pengunjung juga sering pueblos asli yang masih bertahan dari New Mexico. Wisatawan yang berkunjung ke situs-situs tersebut membawa uang yang signifikan bagi negara. Daerah lain kepentingan geografis dan indah termasuk Kasha-Katuwe Rocks Tenda Monumen Nasional dan kaldera Nasional Valles Preserve. The Wilderness Gila terletak di barat daya negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar