Kamis, 24 Januari 2013

Akankah layanan telepon gratis Facebook jadi primadona?

Pada 16 Januari 2013 Facebook meluncurkan sebuah layanan telepon gratis. Akankah layanan ini mampu menarik perhatian para pengguna telepon konvensional?

Dengan hadirnya berita bahwa aplikasi Facebook Messenger saat ini juga bisa digunakan untuk telepon, mungkin saat ini jarak fisik antar pengguna Facebook bakal semakin tidak terasa lagi. Dengan hadirnya layanan telepon gratis ini, pengguna bisa saling bertelepon kapanpun dan di manapun mereka berada asalkan masih terhubung dengan akses internet.

Apalagi, aplikasi ini dijamin gratis oleh Facebook. Hal ini tentunya akan menjadi alternatif baru bagi mereka yang sering melakukan panggilan via telepon.

Memang layanan sejenis sudah banyak beredar seperti Skype dan Apple FaceTime. Namun, aplikasi tersebut tidak memiliki jumlah massa sebanyak Facebook.

Dengan pengguna yang berjumlah 1 miliar lebih, bisa jadi layanan telepon gratis dari Facebook ini mampu mengalahkan layanan VoIP (Voice over Internet Protocol) lainnya, lebih-lebih mengalahkan layanan telepon konvensional.

Hal ini juga didukung dengan fakta bahwa saat ini 24 persen pengguna Facebook mengakses jejaring sosial ini melalui perangkat mobile. Angka ini terus bertambah seiring waktu mengingat banyaknya aplikasi mobile yang rutin dikeluarkan oleh Facebook.

Jika begitu, bisa jadi para pengguna lebih memilih untuk menelepon teman mereka melalui Facebook Messenger ketimbang menggunakan layanan telepon konvensional melalui ponsel mereka. Selain menghemat pulsa, tentunya dengan layanan ini pengguna tidak perlu lagi mencari nomor telepon yang akan mereka hubungi nantinya.

Meski demikian, para pengguna sepertinya juga mesti memikirkan kelemahan jika memakai aplikasi ini. Karena terkoneksi melalui akses internet, pengguna juga harus memiliki paket data yang mumpuni agar bisa mengakses Facebook Messenger di ponsel mereka. Selain itu, pengguna juga harus memiliki akses internet yang bagus agar sambungan telepon mereka tidak terputus-putus.

Dengan perkembangan dunia digital yang begitu pesat, nampaknya kendala tersebut akan segera bisa di atasi. Yang jadi pertanyaan adalah, mampukah Facebook Messenger menggantikan peran layanan telepon konvensional?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar